Atlantica Online | Game MMORPG Turn Based Play

atlantica online

Atlantica Online memiliki sistem pertempuran turn based yang sudah jarang sekali kita temui pada era next-gen, apalagi bila mengingat Atlantica Online adalah sebuah game MMO. Rasanya cukup janggal melihat sebuah game MMO memanfaatkan fitur pertempuran yang telah lama dianut oleh serial Final Fantasy (Final Fantasy meninggalkan sistem turn based semenjak serial Final Fantasy XII), biasanya sistem pertempuran turn based dipakai oleh game RPG Jepang yang dirilis di konsol. Jujur saja, saya sangat menyukai turn based yang mengingatkan saya pada era klasik RPG walau penggunaan sistem turn based pada sebuah MMO sangat riskan eksploitasi dibandingkan penggunaan sistem point and click yang biasa dipakai pada sebuah MMO.

Game ini telah memasuki masa closed beta pada tanggal 18 Juli 2008 untuk versi US dan untuk versi Korea sudah memasuki masa open beta pada tanggal 9 Januari 2008. Kunci untuk open beta dapat ditemukan dalam beberapa situs yang tercantum dalam homepage Atlantica Online.

Gameplay Atlantica

Kamu akan memulai permainan sebagai keturunan bangsa Atlantis yang harus mencari material bernama Oriharukon yang telah hilang sehingga membuat Atlantis tenggelam ke dasar laut. Dalam pencarian Oriharukon, kamu akan melalui ribuan petualangan yang menjelajahi ruang dan waktu dari Piramida sampai ke Beijing. Semua petualangan tersebut dilalui demi mencari lokasi Atlantis, menemukan Oriharukon dan membawa kedamaian ke Atlantis. Dalam pencarian jati diri kamu akan dibimbing oleh tiga bersaudari yang mengingatkan saya pada multiplayer

mitologi bangsa Viking, setelah semua proses dilalui kamu akan terbangun dari dunia mimpi dan memulai petualangan bersama beberapa orang pengawal.

Sama seperti kebanyakan MMO lainnya kamu diharuskan untuk membuat karakter dan memilih senjata andalanmu, game ini hanya menyediakan manusia sebagai pilihan ras dan tentunya kamu dibolehkan untuk memilih jenis kelamin karaktermu. Adapun senjata yang dapat dipilih oleh pemain adalah, pedang, tombak, kapak, pistol, meriam dan tentu saja tongkat untuk siapapun yang menyukai serangan magic. Setiap senjata memiliki kelebihan dan kekurangan seperti, meriam yang memiliki serangan bersifat area atau kapak yang memiliki damage besar asal berhadapan. Kamu juga dapat mengganti tampilan karaktermu dengan pilihan yang sangat terbatas, tampaknya pihak developer membuat kesalahan fatal mengingat Atlantica Online hanya menyediakan satu macam ras, kita akan sering sekali menemukan kembaran karakter kita lebih dari satu.

Atlantica Online mengharuskan kita untuk bisa mengendalikan banyak unit sekaligus walaupun pada awalnya kamu akan memulai perjalanan dengan sedikit pasukan. Proses pemilihan pasukan akan sedikit lama dan memusingkan karena banyaknya pilihan yang dapat kita coba. Pada akhirnya kamu dapat mengendalikan sebuah pasukan tempur yang terdiri dari sembilan unit berbeda, semua unit itu kamu sendiri yang memilih, melatih dan menaikan levelnya bersama karakter milikmu.

Fitur Atlantica

Level Up

Leveling dalam game ini sangat sederhana seperti game Final Fantasy Tactic, setiap serangan yang kamu lancarkan akan diganjar dengan sejumlah experience. Setelah karakter atau pasukanmu mencapai level 20 dan memenuhi suatu syarat tertentu, mereka dapat kamu naikkan kelasnya menjadi lebih tinggi sehingga mengalami perubahan tampilan maupun kemampuan. Setiap karakter membutuhkan perlengkapan yang spesifik untuk menambah ataupun menjaga kemampuan tempurnya. Di luar perlengkapan, setiap karakter juga membutuhkan penempatan yang pas agar bisa melakukan serangan atau pertahanan secara efektif.

Kontrol

Kontrol pertempuran dibuat sangat sederhana, kamu cukup memilih karakter lalu klik ke arah musuh yang ingin kamu serang. Apabila kamu terus melakukan proses tadi bila giliran berikutnya tetap giliran pasukanmu, maka karakter selanjutnya akan ikut menyerang target yang sama. Setiap pasukan juga memiliki kemampuan spesial yang cukup unik, untuk memakainya kamu tinggal melakukan klik kanan pada target dan kemudian akan muncul pilihan penggunaan kemampuan. Setiap musuh yang kamu bunuh akan menjatuhkan loot yang cukup berharga, untuk mengambilnya kamu hanya harus mengambilnya dari mayat musuhmu, bila tidak segera diambil loot tersebut akan hilang. Tombol (X) dapat dipakai untuk melakukan looting secara otomatis aktiftas looting dihitung sebagai turn sehingga berhati-hatilah melakukannya dan cobalah memakai taktik yang aman.

Quest

Quest dalam game ini pada awalnya akan mengenalkanmu pada sistem dunia Atlantica Online, lama-kelamaan quest-quest yang kamu jalani akan membawamu menuju tempat-tempat indah seperti Kairo, Roma, Eropa, New York dan lain sebagainya, demi menemukan Atlantis. Untuk membantu jalannya quest disediakan tombol pencari otomatis yang akan memudahkanmu mencapai semua lokasi atau tempat untuk menjalankan quest.

Guild

Sistem guild dalam game ini dibuat sangat rumit dan menyenangkan, apabila kamu bergabung dalam sebuah guild besar kamu akan diberikan pilihan untuk mengendalikan sebuah kota yang ada, dengan mengendalikan sebuah kota kamu akan diberikan berbagai keuntungan seperti pendapatan dan lain sebagainya. Di sisi lain, kamu harus menjalankan kewajiban sebagai pemilik kota seperti, keamanan, kesehatan, bisnis dan masih banyak lagi. Apabila guildmu berhasil mengendalikan kota secara penuh kamu akan diberikan pilihan untuk menguasai suatu wilayah tertentu dan menjadi raja dari wilayah tersebut. Selain fitur guild yang sangat menjanjikan, game ini juga mengijinkan kita untu melakukan party dengan 27 orang lainnya, dimana jumlah tersebut tergolong sangat besar untuk ukuran sebuah party dalam MMO.

Atlantica Online, membutuhkan sebuah PC high-end untuk menikmati semua pengalaman yang ada di dalamnya, untunglah terdapat 5 buah tingkat pilihan spesifikasi sehingga membuat pemiliki PC mid-end dapat menikmati game ini. Dari segi musik game ini juga dapat diacungi jempol mengingat setiap tema lagu yang ada sangat mewakili adegan yang ada di dalam gamenya.