Final Fantasy XV | Game RPG Legendaris Square Enix

final fantasy xv

Final Fantasy XV adalah sebuah game yang mampu menggetarkan jiwa. Inovasi serta eksekusi yang dilakukan oleh tim Square Enix berhasil membawa Final Fantasy XV menjadi serial Final Fantasy terbaik, setidaknya top 3, hingga saat ini secara keseluruhan.

Pada tanggal 6 Maret 2018, Square Enix pun merilis Final Fantasy XV untuk para pengguna PC, yang sebelumnya sudah dirilis terlebih dahulu untuk pengguna console PS4 dan Xbox One di penghujung tahun 2016. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi pemilik PC master race!

Namun, dari banyaknya informasi yang diberitakan, sayangnya Final Fantasy XV Windows Edition membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi, mengingat grafis serta gameplay yang dihadirkan di versi console sebelumnya pun sudah berkualitas bintang lima.

Grafis yang membuatmu betah bermain 24 jam non-stop

Hal pertama yang wajib dibahas dalam review Final Fantasy XV Windows Edition ini tentu saja adalah grafisnya. Mengingat bahwa game ini memiliki requirement yang bisa dibilang “mahal”, maka tentu saya penasaran segila apa sih grafisnya?

Rupanya, beuh, menggunakan pengaturan high saja, saya merinding melihat dunia Eos yang digambarkan begitu indah! Setelah melalui tutorial dan menyelesaikan quest pertama, saya langsung memutuskan untuk berjalan-jalan terlebih dahulu mengendarai Regalia, mobil coupe milik Noctis dkk.

Sejauh perjalanan, saya begitu terlena dengan keindahan grafis dari Final Fantasy XV Windows Edition ini. Kualitas grafisnya jauh di atas bermain menggunakan PS4 standar, yang membuat saya secara tidak sadar telah menghabiskan 3 jam berputar-putar saja sambil sesekali menghajar monster yang tiba-tiba muncul, dan mengabaikan quest.

Kamu nantinya bisa melihat terrain yang begitu detil dipresentasikan di game ini. Begitu juga dengan detil dari setiap karakter yang ada, baik itu Noctis dan teman-temannya, NPC, hingga ke detail bulu pada monster digambarkan dengan sangat apik!

Kualitas grafis FFXV Windows Edition akan lebih meningkat lagi dengan efek dari NVIDIA GameWorks. Terdapat 4 opsi NVIDIA GameWorks dalam game ini, yaitu NVIDIA HairWorks, NVIDIA VXAO, NVIDIA TurfEffects, dan NVIDIA ShadowLibs.

HairWorks akan membuat efek rambut/bulu karakter di dalam game ini memiliki pergerakan yang lebih realistis. TurfEffects akan membuat rerumputan (dan terrain lainnya) terlihat lebih padat, dan ShadowLibs membuat efek bayangan menjadi lebih nyata dan detail.

Apalagi, jika PC-mu “monster”, kamu bisa mencoba High-Resolution Pack yang akan membuat grafis FFXV Windows Edition semakin jauh lebih indah. Saya belum mencobanya secara langsung, tapi sudah melihat demo-nya, dan hal itu membuat saya merasa kalau dunia ini sebenarnya tidak indah.

Optimisasi performa yang sangat menakjubkan

Kalau boleh jujur, spesifikasi minimum yang diberikan oleh pihak Square Enix sedikit hiperbola. Saya melakukan review Final Fantasy XV Windows Edition menggunakan prosesor Intel Core i5-6600 yang terpacu di 3,3 GHz, kartu grafis GTX 970 4 GB, dan RAM sebesar 16 GB.

Hasilnya, dengan pengaturan high dan NVIDIA GameWorks effect off, saya mendapatkan performa stabil di 45-50 FPS dengan resolusi 1080 piksel, yang menurut saya sudah memuaskan dengan kualitas grafis yang ditawarkan oleh FFXV Windows Edition.

Sedangkan dengan pengaturan NVIDIA GameWorks effect on, saya mendapatkan 30 FPS di resolusi yang sama, which is not bad at all! Saya bisa bilang, Square Enix telah melakukan optimisasi yang sangat baik untuk port FFXV Windows Edition ini.

Jika kamu menggunakan laptop gaming dengan resolusi 720 piksel, pastikan spesifikasi perangkatmu setidaknya memiliki kartu grafis setara GTX 1050 2 GB, RAM 8 GB, dan prosesor 3,3 GHz. Oh iya, luangkan pula kapasitas hard drive sekitar 90 GB untuk meng-install game ini!

Atau, salah satu cara yang paling mudah untuk mengoptimisasikan performa komputermu adalah menggunakan aplikasi GeForce Experience. Hanya dengan sekali klik saja, GeForce Experience akan mengatur setting-an FFXV Windows Edition terbaik untuk perangkatmu.

Breakthrough sistem pertarungan untuk JRPG

Meskipun Final Fantasy XV Windows Edition tergolong ke dalam JRPG, namun mekanisme bertarung di game ini tidaklah seperti JRPG pada umumnya yang menggunakan sistem turn based.

Melainkan, FFXV Windows Edition mengusung gaya hack and slash seperti Kingdom Hearts, The Witcher, dan juga menawarkan opsi Wait seperti pada Dragon Age: Inquisition bagi yang belum terbiasa dengan sistem pertarungan real time.

Tapi menariknya, sistem seperti ini tidak malah membuat FFXV Windows Edition kehilangan esensinya dan menjadi seperti The Witcher. Somehow, Square Enix berhasil membuat mekanisme kontrol pertarungan yang dinamis seperti pada hack and slash atau action-adventure, tapi masih disukai oleh penikmat JRPG turn based.

Kamu hanya perlu menekan satu tombol, dan Noctis akan otomatis menyerang musuh terdekat. Kalau ingin menyerang satu musuh, kamu tinggal mengunci, dan Noctis otomatis akan fokus ke target. Selain menyerang, Noctis juga bisa menggunakan evade atau parry sebagai mekanisme defensifnya.

Tiga body guard teman-temanmu itu, Gladio, Prompto, dan Ignis, juga memiliki andil dalam pertarungan. Ketika Tech Bar-mu sudah terisi, Noctis bisa mengeluarkan skill kombinasi bersama dengan teman-temannya itu. Terdapat lebih dari 30 skill yang tersedia di FFXV, jadi kamu bisa melakukan mix and match mana yang sesuai dengan gaya bertarungmu.

Oh iya, di pertengahan cerita, Noctis bisa melakukan summon untuk memberikan damage yang luar biasa besar kepada musuh-musuhnya di suatu area yang luas. Tentu saja, summon ini akan menggunakan efek visual yang fantastis dan seakan Square Enix “memamerkan” karya buatannya ini.

Sayangnya, cerita yang tidak spesial

Dari segala pujian yang dilontarkan dalam review Final Fantasy XV Windows Edition, saya harus sedikit menyayangkan penyuguhan cerita yang menurut saya bukanlah menjadi kekuatan seri Final Fantasy kali ini.

Berbeda dengan instalasi sebelumnya, di mana cerita menjadi poin penting dari Final Fantasy atau kebanyakan JRPG, FFXV Windows Edition malah memiliki cerita yang sangat linear, dan mudah ditebak.

Bahkan, inti ceritanya sangat sederhana dan bisa dikatakan sebagai “quest” dari Noctis dkk., yaitu mengunjungi Luna Freya dan menikahinya untuk memperkuat kedaulatan kerajaan Lucis. Sudah, itu saja.

Untungnya, di FFXV Windows Edition ini, kamu sudah otomatis mendapatkan 3 DLC, yaitu Episode Gladiolus, Episode Prompto, dan Episode Ignis, yang ketiganya menceritakan petualangan masing-masing sahabat Noctis sebelum atau ketika latar waktu FFXV sedang berlangsung.

Kesimpulan: FFXV Windows Edition adalah sebuah kesempurnaan hakiki yang harganya mahal

Overall, review Final Fantasy XV Windows Edition harus mengatakan bahwa game ini adalah salah satu judul yang wajib kamu tamatkan setidaknya sekali seumur hidup. Meskipun, kamu harus menebusnya dengan harga yang mahal.

Ketika review ini ditulis, FFXV Windows Edition dibanderol dengan harga Rp695.000 di Steam. Itupun belum termasuk ke harga komponen PC yang dibutuhkan untuk bermain game ini yang bisa mencapai lebih dari Rp8 juta.

Tapi, jika kamu sudah memiliki PC yang mumpuni untuk memainkan FFXV Windows Edition, Duniaku.net menyarankanmu untuk membelinya. Jika komponen PC-mu masih di bawah standar minimum, well, tidak ada salahnya untuk meng-upgrade perangkat “perang”-mu bukan?