Gravity Rush 2 | Review Game RPG Action

gravity rush 2

Gravity Rush pertama kali dirilis untuk PS Vita pada tahun 2012 dan merupakan salah satu game eksklusif yang menjadi game wajib untuk PS Vita. Bisa dibilang Gravity Rush adalah salah satu game yang cukup kuat untuk menjadi alasan membeli PS Vita.

Pengumuman hilangnya status eksklusif dengan hadirnya versi remaster memang merupakan berita bagus, karena kita jadi bisa memainkan game luar biasa ini dengan performa yang lebih baik. Tapi di saat yang bersamaan, perilisan ulang yang terjadi seakan-akan menjadi batu nisan untuk PS Vita yang kurang mendapatkan cinta dari Sony.

Tapi di sini kita tidak akan membicarakan soal nasib PS Vita. Yang akan kita bicarakan adalah soal kualitas dari Gravity Rush. Apakah game ini pantas untuk kamu mainkan? Apakah kamu perlu memainkannya lagi jika sudah menamatkannya di PS Vita dulu? Temukan jawabannya di bawah ini.

Bebas

Gravity Rush adalah sebuah game open-world yang membebaskanmu dari salah satu batasan paling besar di dunia nyata dan dunia game … gravitasi. Dalam game ini, kamu akan mengendalikan seorang gadis dengan karakteristik yang sangat menarik bernama Kat. Ditemani seekor kucing yang selalu menempel dengan dirinya, Kat menjelajahi Hekseville, sebuah kota yang melayang di atas langit sambil terbang dengan cara yang sangat unik.

Mekanisme transportasi utama dalam Gravity Rush adalah dengan cara bermain-main dengan gravitasi. Sebagai contoh, jika kamu mau pergi ke tempat yang jauh di arah Barat, kamu akan menihilkan gravitasi sejenak, arahkan target ke Barat, dan ubah gravitasi menjadi ke arah Barat. Setelah itu, Kat akan langsung “jatuh” ke Barat dengan cepat layaknya melompat jatuh dari gedung yang tinggi.

Awalnya bermanuver dengan gravitasi ini akan menjadi aktivitas yang sangat memusingkan. Kamu perlu membiasakan diri beberapa saat sebelum akhirnya bisa bergerak dengan bebas menjelajahi Hekseville. Begitu telah menguasainya, tim kapalan pribadi tidak jarang menghabiskan waktu entah berapa lama hanya untuk melayang-layang tidak jelas di kota yang indah ini.

Dari segi cerita, petualangan Kat di Hekseville terasa sangat seru untuk diikuti. Seperti yang sempat tim kapalan singgung di atas, Kat merupakan karakter yang sangat menarik. Kepribadian wanita ini jelas terasa berbeda dibanding ketika tim kapalan hanya melihatnya dari screenshot saja. tim kapalan tidak akan membahasnya dalam-dalam, karena bagi tim kapalan pribadi, merasakan ekspektasi tim kapalan akan karakter Kat dipatahkan begitu saja merupakan salah satu kepuasan tersendiri ketika bermain Gravity Rush.

Uniknya, karakteristik Kat yang sangat menarik ini berjalan di atas sebuah cerita yang sering kali menyentuh area melankolis. Tidak banyak game yang sukses membuat tim kapalan sakit hati dan sangat bersedih hanya melalui sebuah sidequest simpel dan beberapa dialog yang muncul melalui balon kata serta ilustrasi wajah karakter saja. Gravity Rush jelas sukses melakukannya.

Seluruh hal ini semakin dibuat menarik akibat arahan visual yang fantastis. Hekseville tampak begitu indah dengan segala keanehan yang dimilikinya. Desain karakter, bangunan, dan segala aspek visual dalam game betul-betul memanjakan mata. Oh iya, beberapa bagian penting dalam cerita juga disajikan dalam bentuk komik semi-interaktif yang sangat keren. Menambah pengalaman luar biasa dalam bermain.

Lepas

Untuk memenuhi tugas sebagai pelindung Hekseville yang juga sering membuat masalah, Kat akan dilengkapi dengan berbagai kemampuan bertarung serta pengendalian gravitasi. Berbagai kemampuan ini bisa dibeli dan ditingkatkan levelnya setelah mengumpulkan semacam kristal yang tersebar di seluruh penjuru Hekseville.

Ada yang berwujud kemampuan pasif untuk menambahkan daya tahan Kat atau lama dia bisa bertahan mengendalikan gravitasi, ada juga yang aktif dalam wujud kemampuan bertarung penting. Kemampuan bertarung Kat pun masih berkisar di antara kemampuan mengendalikan gravitasi. Contohnya seperti Gravity Kick yang bisa dilakukan dengan cara menihilkan gravitasi, kemudian menjadikan musuh sebagai pusat gravitasi sebelum diterjang Kat yang “jatuh” ke arahnya.

Ya, ketika bertarung sekalipun, kamu akan diwajibkan untuk bermain-main dengan gravitasi. Bermain dengan gravitasi tidak hanya akan memberikan kamu pilihan serangan yang lebih banyak, tapi musuh-musuh yang ada di game pun memiliki gerakan yang memaksa Kat untuk melayang-layang dulu sebelum melancarkan serangan. Jadi, sama seperti eksplorasi, dijamin kamu akan perlu banyak adaptasi sebelum bisa menguasi kontrol pertarungan di Gravity Rush.

Melayang Jauh

Seperti yang sudah tim kapalan singgung di atas, Gravity Rush adalah sebuah game yang sangat indah. Game ini memiliki arahan visual yang fantastis dengan kualitas gambar tangan di beberapa bagian game yang tampak begitu enak dilihat. Arahan visual ini juga sangat mendukung atmosfer luar biasa yang ada di Gravity Rush.
Hiburan mata yang ada di Gravity Rush tentunya juga didukung oleh grafis yang oke punya. Game ini memiliki grafis 3D dengan gaya cel-shading yang sangat kental. Model 3D karakter yang ada di dalam game memang tampak tidak terlalu detail, tapi gaya cel-shading yang diusungnya cukup menutupi kekurangan ini.

Sedangkan untuk urusan audio, musik-musik yang mengisi Gravity Rush juga sangat luar biasa. Lagu-lagu dari berbagai genre, terutama jaz, mengiringi petualangan Kat di Hekseville, memberikan kesan yang semakin berkelas dalam pengalaman bermainmu di Gravity Rush.

Yang jelas, sebagai sebuah game, Gravity Rush sangatlah sukses dalam menyajikan pengalaman audio visual yang berkualitas. Jika kamu merupakan penggemar seni visual ataupun seni musik, pastikan kamu tidak melewatkan Gravity Rush.

PS Vita vs. PS4

Gravity Rush adalah sebuah game yang memanfaatkan banyak sekali fitur yang ada di PS Vita. Mulai dari sensor gerak, layar sentuh, sampai kemampuan hardware yang cukup mumpuni untuk ukuran handheld, semuanya dimanfaatkan dengan baik di Gravity Rush. Untungnya, banyak fitur yang terdapat di PS Vita tersebut dapat dibawa juga ke PS4, semuanya berkat DualShock 4 yang fantastis.

DualShock 4 memiliki fungsi sensor gerak layaknya PS Vita. Selain itu controller ini juga memiliki touchpad di tengahnya yang bisa menjadi alternatif touchscreen PS Vita. Sedangkan untuk kemampuan hardware … ayolah jangan bercanda, PS4 jelas jauh lebih kuat daripada PS Vita.

Gravity Rush Remastered di PS4 memiliki resolusi 1080p dan berjalan dengan performa 60 fps, menyajikan sebuah pengalaman yang begitu halus, lancar, dan indah untuk dimainkan. Memainkan Gravity Rush menggunakan PS4 di satu sisi mengurangi tingkat kepegalan dan pusing yang dihasilkan PS Vita yang tidak statis, tapi di sisi lain mengurangi fleksibilitas yang dimiliki mesin handheld.

Untuk urusan konten sendiri, tidak ada hal baru akan kamu temukan di versi Remastered. Bedanya hanya Gravity Rush Remastered dibundel dengan DLC yang dijual terpisah untuk versi PS Vita. Tapi menurut tim kapalan pribadi, DLC ini tidaklah terlalu penting karena hanya berisi misi-misi sampingan tanpa cerita dan bonus kostum untuk Kat saja.

Kesimpulan

Gravity Rush, baik versi biasa ataupun Remastered, adalah sebuah game yang fantastis. tim kapalan tidak akan ragu untuk merekomendasikan game ini ke siapapun, asalkan bukan ke orang yang mudah dibuat pusing karena bermain game.

Lalu versi apa yang harus kamu ambil? Kalau kamu ingin agar PS Vita lebih dapat perhatian dari Sony dan bisa memainkan game ini di mana saja kapan saja, saran tim kapalan ambillah versi PS Vita. Sedangkan kalau kamu mau pengalaman maksimal dengan performa yang sangat lancar, versi PS4 jelas jadi pilihan.

Bagaimana dengan gamer yang sudah menamatkan versi PS Vita? Jujur saja menurut tim kapalan Gravity Rush Remastered kurang begitu berharga untuk kamu ambil, mengingat segala hal yang disajikan versi ini tidak berbeda jauh dengan versi standarnya. Kecuali kalau kamu penggemar berat Gravity Rush tentunya, tidak ada salahnya membeli dan memainkan game ini berkali-kali.

Saat ini Gravity Rush Remastered baru tersedia di PlayStation Store Asia saja. Versi US baru akan tersedia bulan Februari yang akan datang. Sedangkan versi PS Vita dari game aslinya tidak tersedia secara digital di PlayStation Store Asia.