Mass Effect 2 | Game Action RPG Serial Mass Effect

mass effect 2

Mass Effect 2 adalah game yang lebih baik di segala segi dibandingkan pendahulunya, Mass Effect. Pemain akan kecantol semenjak adegan pertama. Semakin jauh memainkan action RPG ini, maka akan semakin penasaran. Game ini sukses meneruskan kebesaran dari pendahulunya.

Kini Commander Shepard kembali harus mengangkat senjata dan menghadapi musuh, yang mana sebagian besar orang menganggapnya sebagai sebuah misi bunuh diri. Keadaan tampak tidak terlalu baik, namun Shepard mempunyai sebuah rencana. Ia ingin merekrut individu-individu terbaik yang tersebar di galaksi dan meyakinkan mereka bahwa ini adalah sebuah pengorbanan untuk kebaikan seluruh makhluk di galaksi.

Para kompatriot Shepard sangat menakjubkan, para karakter yang diciptakan oleh BioWare tersebut dibuat dengan sangat teliti. Mereka adalah beberapa karakter yang sangat menarik yang pernah ada di dalam video game, di mana desain dan dialog yang bagus tidak hanya untuk pemain utama. Para penghuni galaksi sangat luarbiasa dan akan menimbulkan lebih banyak alasan untuk menjelajahi setiap sudut dan berbicara kepada siapa saja.

Kekuatan utama dari cerita dalam Mass Effect 2 adalah personalisasi. Jika pemain telah menamatkan Mass Effect dan masih memiliki save data-nya, game ini akan mengimpor karakter-karakter dan keputusan-keputusan yang telah dibuatnya. Beberapa teman lama akan kembali berdasarkan keputusan-keputusan yang pemain buat pada game pertamanya.

Semua pilihan yang pemain ambil dalam Mass Effect hadir kembali untuk mengingatkannya pada hal baik atau buruk yang dulu mereka lakukan. Keputusan tersebut menentukan hasil akhir. Sebuah pengingat bahwa apa yang akan mereka lakukan dalam Mass Effect 2 akan berdampak pada Mass Effect 3, menambahkan drama pada setiap pembicaraan. Hal-hal yang pemain katakan atau lakukan sangat berarti, dan itu adalah sensasi yang luarbiasa dari sebuah video game.

Meskipun seorang pemain belum pernah memainkan Mass Effect, game ini tetap layak dimainkan. Jika tidak ada data untuk diimpor, BioWare cukup menyediakan beberapa keputusan dari Mass Effect untuk pemain. Memang tidak begitu berbobot dibandingkan para pemain yang mengimpor save data mereka, namun memang merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk memuaskan para pendatang baru sekaligus meningkatkan pengalaman bermain para pemain lama.

Berbicara mengenai memuaskan pemain, BioWare mendengarkan setiap kritik yang ditujukan kepada Mass Effect. Game tersebut, terutama versi Xbox 360-nya, agak kurang dari segi teknis dan presentasinya. Sedangkan sekuel ini adalah sebuah pengalaman yang jauh lebih bersih. Penggunaan lift yang lama dan slow-loading texture telah dihilangkan, diganti dengan berbagai loading screen (yang kadang agak panjang). Hampir semua masalah yang ada pada Mass Effect telah diperbaiki atau dibuat ulang.

Meskipun ini adalah produk yang lebih bersih, Mass Effect 2 bukanlah sebuah game yang sempurna. Suara yang ada kadang hilang dan karakter kadang tersangkut di tembok atau pohon. Untungnya, hal ini jarang terjadi, yang memungkinkan segi artistik lebih bersinar. Mass effect 2 akan memanjakan penglihatan pemain, dipenuhi dengan pemandangan indah dan perhatian yang menakjubkan pada detil. Jika pemain bermain pada PC dengan specs tinggi, game ini akan terlihat lebih baik lagi.

Peningkatan yang ada tidak hanya dari segi teknis. Sistem inventory dan skill telah diperbaiki sehingga lebih mudah untuk di-manage. Awalnya terlihat terlalu tipis untuk sebuah game RPG, namun lambat laun pemain akan merasakan kedalaman dan kekuatan selagi ia mengkostumisasi pasukannya lebih jauh.

Kali ini, tiap kelas telah dibedakan dengan lebih jelas, dan memiliki spesialisasi senjata dan skill-nya masing-masing. Bermain sebagai soldier merupakan pengalaman bertarung yang jauh berbeda dengan vanguard atau infiltrator. Setiap kelas memiliki pendekatan sendiri dalam bertempur. Pada akhir permainan, senua yang ada di Mass Effect 2 akan terbentuk dari pilihan-pilihan yang dibuat oleh pemain, mulai dari cerita hingga ke panasnya medan pertempuran.

Mass Effect menawarkan beberapa elemen action yang disukai para penggemar shooter dengan beberapa taktik role-playing yang diinginkan para penggemar RPG, dan Mass Effect 2 meningkatkan kedua area tersebut untuk menghasilkan sistem pertempuran komplit yang memuaskan.

Untuk PC, display-nya agak berbeda, disesuaikan untuk keyboard dan mouse. Kedua versi yang ada sebagian besar identik, namun akan ada pilihan untuk kostumisasi hot keys dan penggunaan skill untuk PC. Semua itu hanyalah masalah selera masing-masing pemain.

BioWare memastikan bahwa pertempuran dalam Mass Effect 2 tidak akan membosankan. Tiap quest yang ada memiliki area masing-masing untuk ditelusuri, dan pemain harus menjelajahi galaksi, berbicara dengan berbagai karakter, dan menemukan berbagai key item untuk membuka quest lainnya. Sedangkan medan pertempuran yang ada telah dibersihkan menjadi lebih lurus dan menarik, tidak seperti labirin yang berulang-ulang. Ada fokus yang besar pada eksplorasi dan penjelajahan dan BioWare telah memastikan bahwa hasil yang diharapkan sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.

Game seperti Mass Effect 2 tidak sering keluar. Dari sisi mana pun, ini adalah game yang bagus. Desain pertarungan dan misinya luarbiasa. Segi visual, voice acting, dan soundtrack yang unggul. Mungkin yang lebih impresif adalah Mass Effect 2 berhasil mencapai ambisinya dengan hanya mengalami sedikit masalah teknis. Satu-satunya hal yang menjadi hambatan mungkin hanya kurang berbobotnya cerita bagi para pemain yang tidak memainkan Mass Effect, namun itu bukanlah alasan untuk tidak memainkan game fantastis ini.