One Piece: Pirates Warriors 3 | Game Action Dari One Piece Manga

one piece pirates warriors 3

Petualangan Luffy bersama rekan-rekannya untuk menjadi Pirate King dalam cerita komik One Piece mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu, terutama bila kamu suka mengikuti komik Jepang atau Manga. Bila dibandingkan dengan cerita serupa seperti Naruto, One Piece bersaing dengannya bukan dari sekadar popularitas saja, tetapi juga panjang ceritanya. Setidaknya kamu bisa menemukan puluhan seri komik yang menceritakan petualangan Luffy tersebut. Game ini mencoba merangkum semuanya dalam satu game bertajuk action ala Dynasty Warriors, yaitu kamu sendirian melawan ribuan musuh!

Konsep dari game ini sendiri sebenarnya cukup masuk akal, terutama bila dilihat dari ceritanya sendiri. Sebab, One Piece merupakan cerita yang seringkali menempatkan tokoh utamanya dalam pertempuran besar melawan banyak musuh. Hal ini pula yang membuat game ini menjadi menarik untuk dimainkan. Bila kamu menyukai cerita dari One Piece sendiri, maka memainkan game ini akan memberikan kesan yang tepat untuk tokoh dalam cerita favorit kamu tersebut, yaitu sekumpulan orang kuat yang mampu menghabisi pasukan musuh!

Namun, memainkan game dengan gameplay yang sebenarnya sudah usang tersebut tentu saja tidak untuk semua orang. Terang saja, gameplay membantai ribuan orang yang diterapkan oleh perusahaan yang membuat game ini, Koei Tecmo, sebenarnya selalu sama saja dari waktu ke waktu, seperti yang telah diperlihatkan dalam semua seri Dynasty Warriors dan Samurai Warriors miliknya. Untungnya, game ini memberikan sedikit bumbu yang mampu memberikan rasa tersendiri di dalamnya. Sehingga, membantai menjadi tidak terlalu membosankan setelah kamu melakukannya selama puluhan jam.

Dimulai Dari Nol

Cerita yang dapat kamu temukan dalam One Piece Pirate Warriors 3 dimulai dari nol. Artinya, bila kamu tidak pernah mengikuti cerita One Piece di komik atau film seri Anime sama sekali, kamu masih dapat mengikutinya dengan santai. Berbeda dengan seri sebelumnya yang menceritakan kisah kelompok Luffy ketika menghadapi pengaruh asing dengan kemampuan mengubah teman menjadi lawan, pada seri terbarunya ini justru ia kembali ke akarnya. Jadi, game ini ditujukan bukan untuk penggemar ceritanya saja, tetapi juga gamer secara keseluruhan; terutama untuk gamer yang memang suka memainkan tema game ala Dynasty Warriors.

Meskipun demikian, cerita yang dapat kamu temukan tidak sedetail dalam komiknya. Sudah sewajarnya, mengingat ceritanya memang sangat panjang dan mengemasnya dalam satu game tentu mustahil. Oleh sebab itu, narasi dalam game ini dibuat singkat dan lebih menekankan pada pertempuran masif yang memang menjadi ciri khas genre ini.Uniknya, ia mampu memberikan narasi tambahan yang tidak ada di dalam komik, tetapi sangat masuk akal bila memang terjadi melihat kondisi yang diperlihatkan dalam game.

Kelebihan dari sisi narasi ceritanya bukan hanya terbatas sampai di sini saja. Cara penyampaiannya juga cukup menarik dan apik untuk diikuti. Selain cutscene yang biasa kamu temukan dalam game, ceritanya juga dimuat dalam kolom layaknya sebuah komik. Bedanya, gambar dalam setiap kolomnya bergerak dan dibuat dalam grafis 3D.

Nuansa ala komik juga dapat kamu temukan dalam permainannya sendiri. Beragam efek yang biasanya ditemukan dalam komik, seperti suara yang direpresentasikan oleh huruf Katakana Jepang ketika berlari, memukul, dan kaget, terlihat di sekitar karakter kamu. Bahkan lucunya, efek suara tersebut akan selalu muncul dari bawah kaki karakter yang dimainkan ketika ia berlari. Begitu juga ketika memukul musuh dan terkena pukulan.

Satu Melawan Semua

Konsep membantai sendirian yang menjadi ciri khas genre ini masih dapat dengan kental ditemukan dalam game ini. Karakter yang kamu mainkan menjadi pembantai utamanya dan ribuan musuh kelas bawah akan menjadi korban kamu. Bermodalkan beragam kombinasi serangan, kamu dapat menghasilkan efek berbeda dari setiap karakter yang dapat dimainkan dalam game. Bahkan, beberapa jenis kombinasi jauh lebih efektif digunakan untuk karakter tertentu.

Untungnya, beragam kombinasi tersebut dapat dengan mudah kamu temukan dalam daftar serangan. Bukan hanya itu saja, dalam daftar tersebut juga disertakan beberapa logo rekomendasi yang sebaiknya kamu gunakan. Pemilihan rekomendasi tersebut sangat pas untuk karakter yang kamu gunakan, mengingat tidak semua karakter dapat menggunakan serangan dengan jenis yang sama untuk melawan banyak musuh. Misalnya, serangan dengan efek area jauh lebih baik digunakan untuk satu karakter dibandingkan karakter lain yang dapat dengan efektif mengangkat banyak musuh ke udara.

Kombinasi serangan tersebut juga dapat berkembang seiring dengan karakter kamu. Ketika kamu mengalahkan banyak musuh atau mendapatkan hadiah dari penyelesaian misi, karakter yang digunakan dapat naik levelnya. Selain meningkatkan statistiknya, seperti besar HP, Special, serangan, dan pertahanan, kenaikan level menuju angka tertentu dapat juga menambahkan jurus baru untuk kamu gunakan. Biasanya, jurus baru tersebut jauh lebih baik untuk menangani musuh dalam jumlah besar bila dibandingkan dengan jurus lama.

Sayangnya, penyakit lama dari genre ini kembali menghantui game ini. Ketika kamu bertarung, satu-satunya orang yang efektif dalam melawan musuh hanya kamu seorang. Meskipun kamu ditemani oleh banyak anak buah dan karakter lain yang seharusnya kuat, setidaknya demikian bila dilihat dari ceritanya, mereka tidak dapat dikamulkan sama sekali. Bukan hanya itu saja, seringkali kamu harus turun tangan sendiri untuk membersihkan musuh di daerah yang sedang ditangani karakter lain. Bahkan, kamu juga harus membantu mereka supaya tidak dikalahkan oleh musuh kelas bawah!

Perwira Musuh Jauh Lebih Baik

Kurang kamulnya “rekan” kamu dalam membersihkan daerahnya dari musuh ternyata tidak diikuti juga oleh peran yang sama dari pihak musuh. Perwira musuh yang merupakan pemimpin dari kelompok musuh kelas bawah memiliki kemampuan serang yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan perwira kamu sendiri. Mereka mampu mengambil daerah yang kamu kuasai bila mereka tidak segera ditangani. Hal ini membuat kamu seperti Jenderal perang yang sibuk berlarian kesana kemari untuk menjaga daerah kekuasaannya. Situasi di mana kamu harus meninggalkan usaha yang sedang kamu lakukan ketika merebut daerah kekuasaan musuh juga seringkali terjadi, akibat kamu harus lari ke bagian peta yang jauh untuk menyelamatkan rekan kamu.

Perwira musuh juga lebih kuat bila dibandingkan dengan anak buahnya. Mereka mampu mengeluarkan serangan yang mampu mengurangi HP kamu dengan jumlah cukup besar. Ketahanan tubuh mereka juga berada di kelas yang berbeda. Ketika kamu memukul musuh biasa, serangan mereka akan terhenti karena terdorong oleh serangan kamu. Lain lagi dengan perwira, mereka tidak akan terpengaruh dengan dorongan serangan kamu dan dapat terus menyerang di tengah hantaman yang kamu lancarkan. Akibatnya, kamu dapat terpental ketika terkena pukulan mereka dan kombinasi serangan kamu akan gagal.

Itu sebabnya kamu harus memberikan konsentrasi lebih ketika melawan perwira tersebut, apalagi dalam tingkat kesulitan yang tinggi. Untungnya, kamu dapat dengan mudah mengunci posisi perwira tersebut supaya mereka terus berada di tengah kamera permainan. Fitur penguncian kamera tersebut hanya terjadi pada perwira dan boss saja. Jadi, kamu tidak akan salah mengunci musuh biasa yang tidak perlu dilawan dengan serius.

Kizuna, Bumbu Penyedap Baru

Ketika kamu bertarung, fitur baru bernama Kizuna akan menemani kamu untuk mengalahkan musuh dengan lebih dahsyat. Kizuna sendiri pada dasarnya adalah serangan kerjasama dengan karakter lain yang menjadi rekan kamu. Bukan hanya ia dapat menambahkan serangan ekstra di akhir kombinasi serangan kamu, ia juga mampu memberikan serangan pamungkas baru yang bentuknya sesuai dengan partner yang kamu gunakan. Itu sebabnya Kizuna mampu menjadi bumbu baru yang memberikan kesegaran pada gameplay tua ini.

Kizuna sendiri tidak serta merta dapat kamu gunakan mulai dari awal permainan. Untuk dapat menggunakannya, kamu perlu mengumpulkan terlebih dahulu kekuatan Kizuna tersebut, yang diwakili oleh indikator di dekat potret karakter kamu. Partner yang dapat kamu ajak untuk melancarkan serangan Kizuna tersebut dapat dengan mudah ditukar di tengah pertempuran. Namun, partner baru berarti kamu harus mengumpulkan kembali energi Kizuna-nya dari nol. Pola serangannya juga berbeda untuk setiap partner, jadi ia dapat digunakan untuk mengatasi kondisi berbeda di dalam pertempuran.

Serangan Kizuna biasanya terjadi ketika kamu menekan tombol tambahan di akhir combo yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan serangan spesial dengan menggunakan tombol khusus yang langsung menghabiskan indikator Kizuna kamu. Setiap serangan tersebut akan ditkamui dengan logo berbentuk tkamu seru di atas kepala musuh kamu. Selain untuk menunjukkan mereka diserang dengan menggunakan Kizuna, tkamu seru itu juga berguna untuk hal lain.

Setiap musuh yang dikalahkan dengan serangan Kizuna, artinya musuh yang mengeluarkan tkamu seru di atas kepalanya, akan menyumbangkan tkamu seru tersebut untuk peningkatan kekuatan partner kamu. Semakin banyak tkamu seru yang dikumpulkannya, maka level dari Kizuna kamu dengan partner yang digunakan akan meningkat. Kenaikan level tersebut selain meningkatkan kekuatan serangannya, juga secara otomatis memperbanyak level indikator Kizuna yang perlu kamu isi di dalam pertempuran. Jadi, kamu dapat menggunakan serangan spesial Kizuna sebanyak beberapa kali dalam waktu singkat!

Treasure Event

Pada seri sebelumnya, beragam treasure yang berharga untuk membantu peningkatan kekuatan karakter kamu dapat ditemukan dalam peti spesial di tengah medan pertempuran. Meskipun kamu perlu memenuhi kriteria tertentu untuk mendapatkannya, tetapi konsep untuk mendapatkannya masih sama. Game ini mengubahnya dengan menggunakan event demi mendapatkan treasure tersebut. Bertajuk Treasure Event, kamu harus dengan seksama melihat syaratnya sebelum memulai sebuah misi dan menemukannya di tengah permainan.

Ketika event tersebut terjadi, biasanya kamu perlu menggunakan karakter spesifik dan tindakan spesifik pula, sebuah cutscene dalam bentuk kolom komik akan menyela permainan. Inilah yang sebelumnya tim kapalan utarakan dengan cerita tambahan yang tidak ada di dalam komiknya. Event tersebut cukup menarik dan seharusnya mampu membuat penggemar komiknya menemukan sudut pkamung baru dalam cerita favorit mereka. Setelah itu, hadiahnya akan dengan otomatis didapatkan setelah event selesai, atau kamu diharuskan mengalahkan musuh spesial untuk mendapatkannya.

Kehadiran Treasure Event juga dapat dengan mudah ditemukan di dalam game. Ketika kamu bertempur, logo berbentuk tkamu tanya akan muncul di mini map. Entah itu meminta kamu untuk mengalahkan musuh di sana, menghancurkan patung, atau melindungi penduduk, tkamu dari dimulainya event tersebut seharusnya tidak mudah kamu lewatkan. Sebab, tkamu tanya besar juga akan muncul di atas kepala karakter yang dimainkan.

Pengembangan Karakter Melalui Koin

Penggunaan koin bergambar karakter dan beragam logo yang ditemukan dalam cerita One Piece adalah fitur yang selalu ada di dalam seri game ini. Sebelumnya, koin tersebut digunakan seperti perlengkapan tempur pada karakter yang kamu gunakan dan kamu dapat menemukan koin yang lebih kuat dengan kemampuan lebih tinggi pula. Pada seri ketiganya, koin tersebut digunakan dengan cara yang berbeda.

Setiap karakter kini menggunakan koin sebagai benda sekali pakai untuk meningkatkan kemampuan statistiknya. Misalnya, Luffy meminta koin bergambar Luffy sebanyak 5 dan Zoro sebanyak 5 untuk meningkatkan HP-nya. Jadi, bisa disamakan dengan koin tersebut digunakan untuk membeli statistik karakter. Setelah koin pada satu set seperti contoh di atas dibayarkan, set baru akan muncul untuk meningkatkan statistik tersebut ke tingkatan yang lebih tinggi. Jadi, kamu akan diminta untuk terus mencari koin baru demi memperkuat karakter yang kamu sukai.

Menemukan koin tersebut juga menjadi lebih mudah. Berbeda dengan seri sebelumnya yang mengeluarkan koin acak, pada game ini koin dikeluarkan sama seperti karakter yang memberikannya. Jadi, kamu hanya perlu mengalahkan boss sesuai dengan koin yang kamu butuhkan. kamu juga bisa mendapatkan koin dari partner atau karakter yang ikut serta dalam pertempuran. Namun, ada pula koin spesial yang hanya bisa didapatkan dari menyelesaikan Treasure Event atau menyelesaikan syarat khusus.

Memperkuat karakter tidak hanya terbatas pada penggunaan koin belaka. Karakter yang kamu mainkan juga dapat diperkuat dengan membeli levelnya. Fitur “Beli Growth”, dengan “Beli” adalah satuan mata uang yang digunakan dalam dunia One Piece, dapat meningkatkan level karakter dengan mudah tanpa perlu menggunakannya di dalam permainan. Batasan level yang dapat dibeli adalah level tertinggi dari semua karakter yang kamu miliki saat itu. Jadi, kamu tidak dapat memperkuat karakter seenaknya hanya dengan bermodal uang belaka.

Fitur membeli level tersebut sangat berguna untuk mempermudah menaikkan karakter yang tidak pernah kamu gunakan tetapi dibutuhkan untuk mendapatkan Treasure Event di satu stage. Namun, perlu diingat bahwa membeli level tidak murah. Bahkan, ia dapat menguras habis uang yang kamu miliki. Terkadang, akan lebih menguntungkan untuk memainkan karakter tersebut di mode Free Battle. Selain bisa mendapatkan uang lebih banyak, kamu juga bisa mendapatkan banyak koin baru untuk meningkatkan statistiknya.

Kesimpulan

One Piece Pirate Warriors 3 memiliki bentuk permainan yang lebih menarik bila dibandingkan dengan seri sebelumnya. Berkat bantuan fitur Kizuna, pertarungan melawan ratusan ribu musuh menjadi lebih menarik. Begitu juga dengan sistem peningkatan kekuatan karakter barunya; ia menjadi lebih ringan dan apa yang akan kamu dapatkan jauh lebih mudah diperkirakan. Sayangnya, AI rekan kamu masih sama tidak dapat dikamulkannya seperti seri sebelumnya. Jadi, kamu akan berlarian seperti kebakaran jenggot demi melindungi rekan kamu di medan pertempuran.

Kelebihan

  • Menceritakan One Piece dari awal
  • Narasi dibawakan dengan menarik
  • Fitur Kizuna membuat pertarungan menjadi menarik
  • Pengembangan karakter lebih baik
  • Musik keren

Kekurangan

  • AI rekan tidak dapat dikamulkan
  • Tidak banyak variasi baru dibandingkan seri sebelumnya