Prototype 2 – Performa yang Lebih Sempurna dari Serial Sebelumnya

prototype 2

Membicarakan Prototype berarti membicarakan salah satu game open-world paling menyenangkan di industri game. Berbeda dengan game tipikal seperti GTA atau Mafia, Prototype menghadirkan karakter utama dengan kemampuan layaknya super-hero dan batas moral yang lebih cenderung ke arah tokoh antagonis. Akibatnya? kalian bisa melakukan apa saja yang kalian inginkan tanpa harus menghadapi konsekuensi yang buruk. Membunuh semua manusia di jalan, menghancurkan kota, bahkan menjadikan semua kendaraan di kota menjadi rongsokan besi tanpa guna juga bisa kalian lakukan dengan mudah. Sebuah sensasi serupa yang juga ditawarkan Radical Entertainment untuk seri keduanya.

Bagi kalian yang sudah menyimak preview tim kapalan sebelumnya, tentu sudah punya sedikit gambaran tentang apa yang ditawarkan oleh Prototype 2. Kesan pertama yang ia hadirkan memang pantas untuk diacungi jempol. Visualisasi yang lebih baik dan penuh detail menjadi nilai jual utama yang sulit untuk ditolak. Namun kekuatan utama Prototype 2 harus diakui justru ada pada cerita yang ia hadirkan. Sejak masa pengembangannya, banyak gamer yang mengantisipasi konsep karakter dan jalur plot baru yang justru memosisikan Alex Mercer dari seri pertama sebagai tokoh antagonis. Kehadiran James Heller sebagai karakter utama yang beraksi atas motif balas dendam membuat segala sesuatunya menjadi lebih menarik.

Di awal preview, tim kapalan juga sempat mempertanyakan kehadiran pertempuran epik Alex Mercer VS James Heller yang tidak memperlihatkan tanda-tanda kehidupan di jam-jam awal permainan dan justru terlihat datang dengan plot twisted. Lantas bagaimana sensasi setelah memainkan game ini secara keseluruhan? Kualitas seperti apa yang membuat tim kapalan menyimpulkannya sebagai seri yang lebih seru, lebih brutal, dan lebih sempurna?

Plot

Apakah kalian masih ingat dengan semua manusia yang sudah kalian konsumsi dan bunuh sebagai Alex Mercer di seri Prototype pertama? Hampir jutaan nyawa manusia tidak berdosa melayang begitu saja akibat semua aksi “egois” yang dilakukan Mercer, termasuk tindakannya melepaskan virus Blacklight yang memulai semua malapetaka ini. kalian akan berperan sebagai James Heller, seorang tentara yang harus berhadapan dengan mimpi buruk tewasnya keluarga yang ia miliki akibat aksi Mercer. Kesedihan dan rasa frustrasi yang ia rasakan membawa Heller pada satu tujuan hidup yang baru, mencari dan membunuh Alex Mercer. Namun pertemuannya dengan sang target utama justru mengubah hidup Heller selamanya.
apa yang harus disalahkan, Mercer? Blackwatch? Gentek?

Di saat kritis hidupnya, kalah di bawah kekuatan super-besar Mercer, Heller justru harus berhadapan dengan kenyataan yang lebih buruk. Alih-alih membunuhnya, Mercer justru menyuntikkan Heller dengan “Mercer Virus” dan mengubahnya menjadi makhluk yang sama dengannya. Termakan kata-kata dari Mercer, Heller kemudian memindahkan fokus amarahnya untuk menghapus eksistensi Blackwatch dan Gentek yang bertanggung jawab atas kelahiran virus Blacklight. Namun semua misi yang ditempuh Heller justru menghasilkan fakta yang lebih mengejutkan. Seperti halnya Gentek dan Blackwatch, Mercer sendiri ternyata juga memiliki rencana jahat yang tidak kalah buruknya. Pada akhirnya, Heller terjebak di antara konflik kedua kepentingan yang sama-sama destruktif ini. Dengan kekuatan baru yang ia miliki, Heller terpanggil untuk memastikan kehancuran Mercer, Gentek, dan Blackwatch.

Apa yang sebenarnya direncanakan oleh Gentek dan Blackwatch? Mimpi buruk apa yang berusaha diwujudkan oleh Alex Mercer dan komplotannya? Mampukah Heller mengembalikan dunia dari “kiamat kecil” ini? Semua jawaban dari pertanyaan ini dapat kalian temukan dengan memainkan Prototype 2 yang epik ini!

Lebih Seru, Lebih Brutal, Lebih Sempurna

Memang tidak mungkin membicarakan sebuah game sekuel tanpa menyinggung game pertamanya. Walaupun mengusung esensi permainan yang benar-benar serupa, namun Prototype 2 mampu menghadirkan sensasi permainan yang lebih seru, lebih brutal, dan lebih sempurna dari semua aspek yang ada. James Heller tetap akan berusaha menyelamatkan dunia dalam konsep permainan open-world yang memungkinkan kalian untuk bergerak bebas, kemanapun kalian inginkan.

kalian bisa berjalan-jalan bebas di dalam tiga area besar kota: Green, Yellow, dan Red Zone yang mengindikasikan seberapa parah dampak perbuatan Alex Mercer pada kota tersebut. Sistem navigasinya sendiri juga terhitung mudah. kalian hanya tinggal menekan tombol lari untuk bergerak melewati hampir semua rintangan yang ada, bahkan untuk memanjat gedung secara vertikal sekalipun. Melompat dan melakukan glide akan menjadi sistem navigasi yang akan kalian andalkan selama menjalani game ini. Kemampuan yang akan langsung mengingatkan kalian pada kemampuan karakter Marvel seperti Spiderman atau Hulk.

Lantas bagaimana dengan sistem pertempurannya sendiri? Layaknya seri Prototype pertama, Heller juga merupakan karakter yang over-powered yang hampir tidak mungkin dikalahkan dengan cara apapun. Sistem pertempurannya sendiri juga sama, kalian memiliki kesempatan untuk menggunakan dua senjata utama yang dapat dieksekusi dengan dua tombol yang sudah dikustomisasi. Menekan tombol secara bersamaan akan menghasilkan kombo dengan serangan akhir yang destruktif, dan menahan dan melepaskannya akan menghasilkan serangan area dengan damage besar. Seiring berjalannya permainan, Heller akan mendapatkan senjata-senjata ini dari para musuh yang berhasil ia “makan”. kalian akan menemukan claw, hammerfist, blade, whiplash, dan yang terunik – Trendils. Untuk senjata yang terakhir ini, kalian akan jatuh cinta dengannya.

Senjata yang lain boleh terbilang sebagai “aksesoris” damage yang standar, namun Trendils merupakan serangan unik milik Heller yang menyenangkan untuk digunakan. Jika menyimpulkannya, senjata yang satu ini boleh terbilang tak ubahnya web-shot milik Venom yang akan membuat semua hal melekat satu sama lain. Dengan efek sinematik yang masif dan destruktif, trendils juga menjadi satu-satunya sarana untuk menghancurkan musuh-musuh dengan armor yang tidak mungkin ditembus dengan serangan fisikal senjata yang lain. Ada kepuasan tersendiri melihat jaring-jaring karet ini muncul menghancurkan begitu banyak hal dalam satu waktu. kalian akan menikmatinya.

Berada dalam keadaan terdesak, James Heller juga memiliki dua kemampuan ekstra untuk menghasilkan serangan masif yang destruktif seketika. Dengan kemampuan trendilsnya yang epik, kalian bisa melancarkan Devastator yang akan menghancurkan setiap musuh yang ada dalam jarak tertentu sekaligus. Selain itu, Heller juga memiliki sebuah kekuatan unik bernama – Pack Leader yang memungkinkannya untuk mengendalikan para monster di bawah kendalinya dan memerintahkannya untuk melakukan tugas-tugas tertentu, termasuk menyebar kekacauan, pengalih perhatian, atau bahkan menghancurkan target tertentu. kalian juga memiliki kesempatan untuk memperkuat mereka.

Namun, seperti halnya seri Prototype pertama, misi Heller tidak hanya selalu berkisar tentang menghancurkan apaun yang berada di matanya. Ada kalanya ia harus menyamar sebagai anggota Blackwatch atau Gentek untuk menginfiltrasi serangan dari dalam dan mencari informasi. Untungnya, ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan. kalian hanya tinggal mencari sosok tentara Blackwatch dan Gentek di tepi jalan dan mengkonsumsi mereka untuk mendapatkan wujud tubuh dan memorinya. Sistem konsumsi ini juga dapat kalian terapkan untuk karakter-karakter AI lain untuk kepentingan yang lain, seperti menambah health atau menjadikan mereka sebagai bom berjalan. Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang esensial untuk setidaknya memiliki satu tubuh pengganti dari anggota Blackwatch dan Gentek untuk bersiap-siap dengan misi yang mungkin akan kalian jalani. Selain itu, ia akan menjadi sarana terbaik untuk melarikan diri ketika situasi tidak bersahabat.

Jadikan Diri kalian Lebih Kuat!

Apalah arti sebuah game open-world yang tidak menghadirkan side-mission? Tentu akan menjadi sebuah game hampa yang tidak menarik untuk dimainkan sama sekali. Untungnya, Prototype 2 menyediakan segudang side-mission, walaupun terhitung repetitif dan dangkal. Dari ketiga area dalam map, ada beberapa side mission yang bisa kalian tempuh: mengumpulkan Blackbox, mencari orang-orang berkepentingan di Blacknet, menghancurkan dan meratakan semua Infected di dalam Lairs, dan membunuh anggota Blackwatch dan Gentek yang sedang bereksperimen di sudut kota. Untungnya, peta yang ada akan membantu kalian menemukan setiap lokasi darinya, sehingga kalian tidak akan kerepotan. Apa keuntungan untuk melakuan semua side mission ini? kalian memilik kesempatan untuk memperkuat Heller di berbagai aspek kekuatan yang ia miliki, dari kemampuannya sebagai predator hingga daya geraknya sendiri.

Secara terpisah, Prototype 2 juga menghadirkan sistem experience dan level untuk James Heller. Semakin banyak ancaman yang berhasil kalian hancurkan dan misi yang berhasil kalian selesaikan, maka semakin tinggi pula probabilitas James Heller akan mendapatkan upgrade-upgrade esensial seiring dengan meningkatnya level. Bagaimana dengan senjata kalian sendiri? kalian hanya perlu berkeliling kota dan mengkonsumsi musuh-musuh dengan lambang muscle di atas kepala mereka untuk mendapatkan upgrade senjata secara random. Bukan sesuatu yang sulit untuk ditemukan jika kalian termasuk gamer yang senang mengeksplorasi setiap sudut kota. Dengan menggunakan upgrade dari side mission, buruan dengan lambang di atasnya, serta tingkat level, perjalanan kalian sebagai James Heller akan lebih mudah di masa depan.

kalian Akan Jatuh Cinta dengan Karakter James Heller

Prototype 2 mungkin menghadirkan plot dan mekanisme gameplay yang lebih baik dibandingkan seri pendahulunya, namun harus diakui pula bahwa kekuatan utamanya ada pada keberhasilan melakukan transisi karakter yang jempolan. kalian sudah merasa dekat dengan sosok Alex Mercer sekalipun akan kagum pada karakter yang dihadirkan untuk James Heller ini. Dengan kekuatan barunya, Heller tampil dengan karakter yang lebih hidup dan badass dibandingkan Alex Mercer sendiri. Intonasi voice acts, tingkah lakunya, sudut pandangnya ketika melakukan segala sesuatu, dan joke-joke nya yang maskulin membuatnya tampil lebih hidup, tidak hanya sekedar kejam dan brutal seperti Mercer di masa lalu. Heller tampil sebagai sosok yang lebih manusiawi, namun di sisi yang lain, tidak kalah menyeramkannya. kalian akan jatuh cinta dengan sosok yang satu ini, terlepas betapa kalian mendukung Mercer di masa lalu.

And The Winner of The Last Epic Battle is…….

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya oleh Radical, Prototype 2 akan berfokus pada pertempuran epik antara James Heller melawan “penciptanya” – Alex Mercer dan menghentikan semua rencana jahat yang berusaha dibangun olehnya. Sudah bukan rahasia lagi, sebagian besar gamer akan sudah menebak bagaimana akhir dari semua plot yang satu ini. Pertempuran besar tidak lagi terelakkan, pertarungan antara kedua kekuatan terbesar di muka bumi. Siapa yang akan memenangkannya? Bagaimana semua ini akan berakhir? Ini akan menjadi alasan ekstra mengapa kalian harus memainkan game ini.

Kesimpulan

Sebagai sebuah seri sekuel, Protoype 2 harus diakui berhasil melakukan tugasnya dengan sangat baik. Dibandingkan seri pertamanya, ia tampil sebagai sebuah seri yang lebih sempurna dari semua aspek yang ada, baik dari segi visualisasi, gameplay, plot, bahkan hingga desain karakternya sendiri. Di sisi lain, ia tetap menghadirkan sensasi dan identitas Prototype yang sama, sehingga ia akan mampu memuaskan para fans yang sudah mengenal atau baru saja ingin mengenal franchise ini untuk pertama kalinya. kalian akan dengan mudah menikmati setiap dari perjalanan Heller, setiap misi, dan terpesona dengan kemampuan destruktif yang mampu ia hasilkan. Radical Entertainment telah berhasil melakukan sebuah proses transisi yang sangat baik.

Lantas bagaimana dengan sisi kelemahannya sendiri? Selain side-mission yang terkesan dangkal dan repetitif, tidak ada kekurangan lain yang bisa digali dari seri yang satu ini. Hampir semuanya berjalan dengan baik sebagai sebuah seri Protoype, sehingga tim kapalan sendiri tidak memiliki banyak keluhan darinya. Satu kata yang pasti, tim kapalan benar-benar menikmatinya, dan tim kapalan yakin, kalian juga akan merasakan hal yang sama. Sebuah game yang harus kalian mainkan.

Kelebihan

  • Visualisasi yang lebih baik
  • Karakter James Heller yang lebih hidup
  • Serangan yang sinematik dan destruktif
  • Plot yang epik
  • Gameplay yang lebih menarik

Kekurangan

  • Side mission yang terkesan repetitif