Prototype – Jadilah Anti Hero yang Kejam

prototype

Bosan bermain sebagai hero yang memberantas kejahatan? Maka game prototype adalah game sangat cocok untuk anda. Dalam Prototype, kamu akan bermain sebagai Alex Mercer, seorang manusia misterius berkerudung dari New York City. Saking misteriusnya, sampai-sampai ia sendiri bahkan tidak tahu asal usul dirinya.

Pihak Radical, pengembang dari Prototype, mengatakan bahwa Alex merupakan seorang dark anti-hero. Saat ia terbangun di kota, Alex sama sekali tidak tahu siapa, apa yang sedang diperbuat dan dimanakah dia berada. Yang ia ketahui hanyalah ia memiliki kekuatan yang menakutkan dan ia juga seorang monster yang tidak terhentikan.

Alex adalah sebuah Prototype, seorang perubah bentuk yang sangat kuat di kota Manhattan. Untuk merubah penampilannya, yang harus Alex lakukan hanyalah memakan manusia yang menjadi korbannya. Setelah dilakukan, otomatis ia akan bisa menggunakan identitas orang tersebut.

Di saat kamu sedang kebingungan dengan identitas dan apa sebenarnya dirimu itu, sebuah cabang militer top-secret yang bernama Black Watch Special Forces tiba-tiba mulai memasuki kawasan perkotaan untuk mengumumkan sebuah hukum baru tepat di saat kamu berada disana. Tampaknya hal ini bukan sebuah kebetulan belaka.

Selain mereka, ada satu pihak lagi yang ikut terlibat yang memiliki julukan the Infected. The Infected merupakan makhluk hasil mutasi yang telah menduduki kota NYC. Dengan semua kebetulan tersebut, kecurigaanmu bahwa ada hubungan antara semua yang terjadi semakin besar.

Memang cerita Prototype mulai sebagai sebuah misteri, tapi cerita dari Protoype ini memfokuskan pada permasalahan di dunia nyata dimana sekarang banyak sekali bencana alam, rasa ketidakpercayaan terhadap pemerintah, penyebaran virus dan juga konspirasi. Konspirasi inilah yang harus kamu ungkap untuk mempelajari asal-usulmu yang sebenarnya.

Eric Holmes selaku pemimpin desain mengatakan bahwa ada banyak sekali rahasia yang harus diungkap saat memainkan game ini untuk mengungkap cerita sebenarnya disini.

New York City sendiri juga memainkan bagian yang cukup penting dalam game ini. Struktur dan penampilan dari lingkungan sekitar berubah seiring dengan perjalanan dalam game ini. Kota tersebut akan terbagi dalam lusinan zona yang terus menerus mengalami perubahan kendali antara keamanan (yang dikendalikan oleh pihak militer), netral (tidak dikendalikan oleh siapapun), outbreak (dikendalikan oleh The Infected) dan zona perang (yang diserang habis-habisan oleh seluruh fraksi).

Setiap zona yang ada akan memiliki penampilan yang sesuai dengan statusnya sekarang. Jadi zona aman akan penuh dengan blokade dan kendaraan tentara militer, sedangkan zona outbreak akan terlihat kacau dan penuh dengan makhluk mutasi.

Atmosfer dalam permainan sudah tentu akan bersifat kelam. Dapat kita lihat dari banyaknya dipergunakan kata-kata seperti bunuh, hancurkan, psikotik, terisolasi, sendirian dan tragis. Selain kelam, permainannya juga brutal dan kejam. Sebagai Prototype, kamu tidak akan terhentikan sama sekali.

Walaupun ia terlihat seperti manusia biasa, Alex bisa lari lebih cepat dari kendaraan, dapat melompat dengan ketinggian yang mengagumkan dan dapat mendarat dari ketinggian yang teramat sangat tanpa menerima cedera.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu dari kemampuan Alex adalah kekuatan untuk memakan manusia dan menggunakan identitasnya. Mengkonsumsi manusia berarti kamu harus menghajar manusia tersebut hingga mati, kemudian melakukan penyerapan pada tubuh tersebut.

Sebagai tambahan dari hanya sekedar terlihat mirip dengan manusia yang telah ia sedot, Alex juga mendapatkan pengetahuan apapun yang mereka miliki. Ini berarti, apabila kamu menyerap seorang anggota militer seperti pilot helikopter atau pengemudi kendaraan berat, maka nantinya kamu akan bisa mengedarai helikopter atau tankmu sendiri untuk mengintai jalanan di New York dan menyebabkan lebih banyak lagi kekacauan.

Memang secara fisik, Alex tidak akan mengalami perubahan. Tapi seiring dengan semakin banyaknya orang yang diserap, maka secara otomatis Alex sendiri juga akan bertambah padat. Sebagai hasilnya, saat ia melompat dari sebuah bangunan tinggi ke jalanan, lubang yang ia buat akan menjadi lebih besar.

Selain kemampuan untuk meniru orang lain, Alex juga memiliki beberapa bentuk tubuh unik yang dapat ia campurkan saat dibutuhkan. Bentuk tersebut termasuk bentuk batu pertahanan yang memiliki sebuah tameng untuk menangkis serangan, sebuah bentuk penyamaran yang dapat digunakan oleh Alex untuk terlihat menyatu dengan kota, sebuah hyper-sensory yang dapat memperlihatkan aspek-aspek lingkungan yang tidak akan disadari oleh manusia biasa dan bentuk tubuh untuk menyerang lengkap dengan senjata dasar seperti arm blades, cakar dan lengan palu.

Semua bentuk tersebut bersifat bio-based. Tentu saja Alex juga akan menderita luka dalam sebuah pertempuran, tapi nantinya semua luka tersebut akan menutup kembali dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

Selain tubuhnya sendiri berfungsi sebagai senjata utama, Prototype ini sangatlah kuat, sampai-sampai ia dapat mengangkat kendaraan atau mencabut tiang listrik atau lampu, kemudian menggunakannya sebagai senjata. Walau Alex merupakan seorang petempur jarak dekat, tapi ia memiliki beberapa serangan yang dapat digunakan untuk serangan jarak jauh. Alex dapat memilih untuk melemparkan sebuah benda yang ada disekitarnya ke arah musuh.

Tapi salah satu serangan jarak jauhnya yang paling mengesankan adalah kemampuannya untuk menghajar tanah dengan tangannya dan mengirimkan sekumpulan duri yang akan keluar dari tanah dan menyerang ke depan. Bukan saja hanya memberikan sebuah luka yang cukup serius bagi musuh, tapi juga akan membuat apapun yang berada di tanah berterbangan akibat terkena serangan tersebut. Masih belum cukup dengan semua kemampuannya itu, Alex juga akan bisa menggunakan senapan.

Salah satu bagian yang paling mengesankan dari game ini adalah sistem animasi-nya yang dinamis, terlihat nyata dan akan bereaksi sesuai dengan keadaan tanpa adanya kekurangan apapun. Kualitas animasi saat sedang terjadi pertarungan sangat mengesankan.