Review Final Fantasy Type-0 HD | Best Quality Square Enix

final fantasy type-0 hd

Sebagai seorang penggemar seri Final Fantasy, tim kapalan jelas sangat menantikan kehadiran Final Fantasy Type-0 yang telah dirilis tahun 2011 di Jepang untuk PSP. Game yang sebelumnya direncanakan hadir untuk smartphone dengan judul Final Fantasy Agito XIII ini merupakan bagian dari seri Fabula Nova Crystallis yang mencakup Final Fantasy XIII beserta sekuelnya dan Final Fantasy Versus XIII yang kini telah berganti nama jadi Final Fantasy XV.

Meskipun telah menunggu kehadiran Final Fantasy Type-0 sejak lama, tim kapalan cukup takut untuk mengulas game ini karena telah dua kali ekspektasi tim kapalan akan Final Fantasy Type-0 dijatuhkan. Pertama ketika tim kapalan mencoba memainkan versi PSP, dan kedua adalah ketika tim kapalan menjajal game ini di Tokyo Game Show 2014. Tapi sepertinya Square Enix tidak sekedar melakukan porting asal-asalan dari PSP ke PS4 (yang jelas merupakan lompatan yang sangat jauh), karena terbukti pengalaman tim kapalan bermain Final Fantasy Type-0 di PS4 jauh lebih baik daripada pengalaman-pengalaman tim kapalan sebelumnya memainkan game ini.

Gebrakan Unik

Setiap judul Final Fantasy memang memiliki ciri khas gameplay sendiri-sendiri, tapi seri ini bisa dibilang cukup identik dengan RPG yang memiliki gaya bertarung turn-based. Untuk Final Fantasy Type-0, kamu akan disajikan dengan gameplay ala action RPG. Seluruh musuh akan langsung terlihat di peta tanpa harus ada transisi ke layar bertarung seperti di Final Fantasy lain pada umumnya (meskipun efek transisi ini masih akan kamu temukan di peta dunia).

Final Fantasy Type-0 memiliki empat belas karakter yang dapat dimainkan. Masing-masing karakter memiliki senjata yang berbeda-beda dan cara bermain yang unik. Ada karakter yang bertarung menggunakan sihir dan kartu, ada yang menggunakan dua pistol, pedang samurai, sabit, tangan kosong, tombak, atau bahkan dengan alat musik sekalipun. Pengalaman kamu memainkan setiap karakter dijamin akan berbeda, dan ini jelas merupakan sebuah kelebihan yang sangat menarik.

Karena Final Fantasy Type-0 memiliki genre action RPG, cara bermain yang perlu kamu lakukan pun bisa dibilang jauh berbeda dari bagaimana kamu memainkan Final Fantasy biasanya. Ketika tim kapalan memainkan game ini, tim kapalan malah jadi teringat dengan seri Monster Hunter atau Bloodborne yang memaksa pemainnya untuk menyerang musuh kemudian langsung menghindar dan begitu terus sampai pertarungan selesai. Terdengar simpel, tapi hati-hati saja karena kalau sampai kamu salah sedikit, menghidupkan karakter yang mati bukanlah pekerjaan mudah.

Meskipun game ini bisa dibilang bergenre action RPG, bukan berarti kamu bisa main asal serang asalkan ada celah layaknya seri Kingdom Hearts. Pemilihan waktu yang tepat saat menyerang adalah hal yang sangat krusial di sini. Ketika musuh sedang dalam keadaan lengah (biasanya setelah mereka melakukan serangan) akan muncul lingkaran kuning atau merah yang mengizinkan kamu untuk menyerang mereka dengan serangan kuat. Waktu sempit untuk menyerang ini akan lebih berharga dan efektif daripada jika kamu membabi-buta asal menyerang setiap kali ada kesempatan.

Hal menarik lainnya yang dapat kamu temukan di Final Fantasy Type-0 adalah pertarungan menggunakan Summon (dalam game ini disebut Eidolon) yang sangat keren. Jika dalam Final Fantasy biasanya ketika kamu memanggil Summon maka kamu akan disajikan dengan animasi serangan yang keren, maka di Final Fantasy Type-0 kamu diberikan kesempatan untuk mengendalikan para Summon tersebut sendiri dengan bebas. Konsekuensi dari mengendalikan para makhluk kuat ini adalah salah satu anggota tim kamu harus mati dan baru bisa digunakan kembali setelah misi selesai.

Selain mode pertarungan biasa, Final Fantasy Type-0 juga memiliki misi sampingan yang akan membawamu dalam pertempuran perang layaknya game bergenre RTS. Sebenarnya bagian RTS ini tidaklah spesial-spesial sangat, tapi kehadirannya jelas membawa warna baru dalam seri Final Fantasy. Hal ini sangat mengingatkan tim kapalan dengan seri Suikoden yang juga memiliki pertempuran perang skala besar yang memberikan kesan tersendiri ketika memainkannya.

Bagian gameplay lain yang menarik dari Final Fantasy Type-0 adalah urusan eksplorasi. Game ini memiliki peta dunia untuk dijelajahi layaknya Final Fantasy sebelum Final Fantasy X, sesuatu yang tim kapalan rasa sudah sangat diharapkan oleh banyak fan Final Fantasy klasik. Kamu dapat menjelajahi Orience (dunia dalam Final Fantasy Type-0) dengan berjalan kaki, menunggangi Chocobo, atau menaiki pesawat. Seperti yang sempat disinggung di atas, khusus di peta dunia bertemu dengan musuh akan membawamu ke layar pertarungan khusus. Setelah terjadi transisi layar, pertarungan akan berjalan seperti biasanya terjadi di bagian lain dalam game.

Untuk urusan progresi cerita sendiri, Final Fantasy Type-0 akan menyajikan kamu dengan beberapa misi yang perlu dikerjakan dengan urutannya tersendiri. Di sela-sela misi kamu akan diberikan kesempatan untuk berkeliling Academia dan berinteraksi dengan penghuninya, baik para pelajar, karyawan, maupun dengan para Moogle lucu yang mewakili setiap kelas di Final Fantasy Type-0.

Selain berkeliling Academia, momen antara misi juga bisa kamu gunakan untuk mengerjakan misi sampingan yang dibagikan oleh para NPC di Academia ataupun di kota lain yang tersebar di peta dunia. Meskipun game menunjukkan kamu hanya punya waktu beberapa jam atau beberapa hari, waktu tidak akan berkurang kecuali kamu melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang akan mengurangi batas waktu yang kamu miliki. Jadi meskipun tertulis sebagai waktu, bagian ini lebih cocok dianggap sebagai manajemen sumber daya daripada manejemen waktu, sedikit mengingatkan tim kapalan dengan seri Persona.

Secara keseluruhan Final Fantasy Type-0 merupakan sebuah game yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Jika Final Fantasy sebelumnya menuntut kamu untuk bisa berpikir dengan baik dan cepat, maka Final Fantasy Type-0 juga menuntut hal yang sama namun ditambah tuntutan kecekatan tangan. Jika kamu ingin bermain RPG yang santai, Type-0 mungkin bukan RPG yang cocok untuk kamu.

Dari Saku Ke Rumah

Dari segi gameplay, Final Fantasy Type-0 adalah sebuah game yang sangat berkualitas. tim kapalanngnya hal ini tidak dibarengi dengan kualitas grafis yang memuaskan juga. Sebenarnya grafis Final Fantasy Type-0 tidak terlalu buruk sih kalau kita mengingat game ini merupakan sebuah RPG yang dirilis empat tahun lalu untuk PSP. Tapi melihat bagaimana versi HD dari Final Fantasy Type-0 HD dirilis untuk PS4 dan Xbox One, tim kapalan jelas berharap jauh lebih banyak.

Model 3D dalam game nampak … hmm … tidak seimbang mungkin merupakan kata yang tepat. Beberapa karakter serta objek penting nampak lebih detail dibandingkan NPC atau objek-objek sampingan. Selain itu untuk menutupi lompatan jauh antara versi PSP dengan versi PS4, Square Enix memberikan cukup banyak efek lebay yang malah membuat game kurang enak dilihat.

Tapi di antara seluruh kekurangan visual tersebut, yang paling mengganggu tim kapalan adalah kualitas penyampaian cerita yang buruk. Mungkin karena keterbatasan PSP, cerita dalam Final Fantasy Type-0 disampaikan dengan kaku dan malah mengingatkan tim kapalan akan visual novel tapi bergrafis 3D. Jika game ini dirilis untuk PSP atau PS Vita, tim kapalan sangat bisa memaklumi penyampaian cerita macam ini, tapi karena game ini dirilis di console sekuat PS4 dan Xbox One, rasanya mengesalkan sekali kita harus disajikan dengan cutscene semembosankan itu. Padahal cerita dalam Final Fantasy Type-0 sangatlah berkualitas.

Selain kualitas grafis dan penyampaian cerita yang kurang baik, Final Fantasy Type-0 juga memiliki masalah dalam urusan kamera. Jika di preview yang tim kapalan tulis ketika Tokyo Game Show tim kapalan menyampaikan bahwa kontrol kamera di game ini sangatlah buruk, maka di versi akhirnya ini kontrol kamera sudah diperbaiki total. tim kapalanngnya efek yang muncul ketika menggerakkan kamera dijamin akan bisa membuat kamu pusing luar biasa. Entah kenapa efek kabur berlebihan itu harus ada, yang jelas hal ini membuat pengalaman bermain Final Fantasy Type-0 HD menjadi kurang menyenangkan.

Keputusan Square Enix untuk merilis Final Fantasy Type-0 di console dan bukannya di handheld memang cukup aneh. Padahal, tidak saja grafisnya yang cocok untuk handheld, gameplay RPG penuh misi, eksplorasi, dan grinding yang ada di Type-0 menurut tim kapalan jauh lebih seru dimainkan secara portabel daripada sambil duduk manis di rumah. Semoga saja suatu saat nanti game ini masih bisa dirilis di PS Vita, tempat yang tim kapalan rasa sempurna untuk Final Fantasy Type-0 HD.

Kesimpulan

Final Fantasy Type-0 adalah sebuah gebrakan besar dalam seri Final Fantasy. Cerita yang lebih gelap dari biasanya membuat game ini justru lebih bersinar. Gameplay yang sangat berbeda, karakter-karakter menarik, serta beberapa elemen sampingan lainnya juga membuat game ini menjadi Final Fantasy yang begitu spesial. tim kapalanngnya hal ini dirusak oleh kualitas visual yang buruk. Tidak perlu menjadi seorang penggila grafis game untuk membenci kualitas grafis game yang dirilis untuk PS4 dan Xbox One ini.

Meskipun memiliki kekurangan-kekurangannya sendiri, Final Fantasy Type-0 HD jelas merupakan sebuah game yang wajib dimainkan seluruh penggemar JRPG. Tentu saja jangan lupa, kalau membeli game ini kamu juga akan disajikan dengan demo Final Fantasy XV yang sangat seru meskipun lumayan singkat. tim kapalan rasa mengeluarkan uang hanya demi mendapatkan demo Final Fantasy XV masih merupakan tawaran yang bisa dianggap cukup berharga. Yang jelas, baik dengan ataupun tanpa demo, jika kamu membutuhkan hiburan JRPG berkualitas dengan cerita yang menarik dan tingkat kesulitan yang menantang, maka Final Fantasy Type-0 HD adalah pilihan tepat.