Review Final Fantasy XIV Online: A Realm Reborn

final fantasy xiv a realm reborn

Final Fantasy XIV: A Realm Reborn adalah game MMORPG yang dikembangkan oleh Square Enix Product Development Division 3 dan dirilis oleh Square Enix untuk konsol PlayStation 3 dan PC Windows. Game ini sudah rilis mulai tanggal 27 Agustus 2013. Rencananya, game ini juga akan dirilis untuk konsol PlayStation 4 pada tahun 2014.

Bagi gamers Indonesia yang tertarik untuk memainkan game ini, dari awal tim kapalan sarankan untuk bermain di server Amerika Utara (NA), dikarenakan untuk server Eropa (EU), A Realm Reborn ini memberlakukan IP block. Pastika juga perangkat PC Windows yang digunakan sudah memenuhi spesifikasi minimum atau yang direkomendasikan, yang mana koneksi internet juga dibutuhkan untuk memainkan game ini.

Minimum Rekomendasi
CPU Windows Vista 32/64bit Windows 7 32/64 bit,
Windows 8 32/64 bit
OS Intel Core 2 Duo Intel Core i5 2.66 GHz
HDD Free 20 GB 20 GB
RAM 2 GB 4 GB
VGA NVIDIA Geforce 8800,
ATI Radeon HD 4770
NVIDIA Geforce GTX 660,
AMD Radeon HD 7950
Sound DirectX 9.0c DirectX 9.0c
Internet Yes Yes

Pada artikel ini, tim kapalan akan memberikan review mengenai A Realm Reborn di perangkat PC. Game ini bisa didapatkan dengan mengunduh pada situs resminya seharga USD 29,99 untuk produk standar atau USD 49,99 untuk Collector’s Edition. Selain itu harus membeli gamenya terlebih dahulu, gamers juga diharuskan untuk membayar biaya layanan sebesar USD 14,99 per 30 hari atau tergantung dari layanan yang dipilih.

Game ini bercerita tentang sebuah negeri bernama Eorzea, dimana seekor naga Bahamut utama melarikan diri dari kurungannya di dalam bulan buatan untuk memulai masa Umbral ketujuh. Itu adalah masa dimana negeri Eorzea mengalami kehancuran yang sangat besar. Namun beruntung, karakter gamers mampu menghindari kehancuran itu dengan melakukan perjalanan lintas waktu ke 5 tahun kedepan, masa dimana Eorzea telah pulih dari kehancuran. Namun pada masa itu, gamers harus berhadapan dengan ancaman dari Kerajaan Garlean dari utara.

Dalam menjalankan petualangan di A Realm Reborn ini, gamers bisa memilih salah satu dari 7 race yang tersedia yaitu Hyur, Miqo’te, Elezen, Roegadyn dan Lalafell. Karakter yang snagat unik adalah Lalafell karena bentuknya kecil dan lucu seperti anak-anak, walaupun seperti itu usia mereka setara dengan race lainnya dengan bentuk tubuh yang lebih tinggi.

Karakter juga bisa mempelajari keterampilan tertentu untuk menunjang keterampilan saat berpetualang dengan memilih kelas khusus. Terdapat 4 kelas yang bisa gamers pelajari yaitu Disciples of War, Disciples of Magic, Disciples of The Land dan Disciples of The Hand. Setiap kelas itu terdiri dari berbagai jenis pilihan. Sebaiknya gamers memilih kelas sesuai dengan race yang dipilih pada saat membuat karakter agar kemampuannya menjadi lebih maksimal.

Setelah mempelajari kelas tertentu, gamers bisa menentukan Job apa yang dipilih untuk mendapatkan kemampuan khusus. Terdapat 9 job yang bisa gamers pilih sesuai dengan kelas yang dipelajari yaitu Paladin, Monk, Warrior, Dragoon, Bard, White Mage, Black Mage, Summoner dan Scholar. Contohnya adalah ketika gamers memutuskan untuk mempelajari kelas Despite of War dengan memilih Gladiator, maka job yang cocok untuk karakter itu adalah menjadi Paladin.

Pada review ini, tim kapalan menggunakan karakter race Lalafell. Permainan dimulai dengan adegan dimana karakter gamers berada di atas kereta kuda. Disana terdapat beberapa penumpang yang ikut serta, salah satunya adalah seorang bapak tua yang mengajak karakter untuk berbincang di sepanjang perjalanan. Disamping itu, ada 2 orang dengan wajah dan baju kembar yang duduk saling berdekatan di kereta kuda itu.

Tidak lama kemudian, muncul kumpulan monster yang ingin menyerang kereta kuda itu. Namun beruntung, perajurit penjaga sudah bersiap untuk menghadang mereka. Akhirnya kereta kuda pun lolos dari serangan dan sampai ke tujuan dengan selamat. Pada saat sampai ke tujuan itulah petualangan gamers di A Realm Reborn dimulai.

Mulailah dengan menjalankan quest yang bisa didapatkan dengan berbicara dengan NPC terdekat. Terdapat beberapa jenis quest layaknya game MMORPG kebanyakan seperti quest utama, quest sampingan, quest kelas dan job. Karakter akan mendapatkan sejumlah hadiah setelah menyelesaikan quest tertentu. Semakin sulit tantangan yang diberikan, maka semakin bagus juga hadiah yang didapatkan.

Selain menjalankan quest, gamers juga bisa ikut serta dalam full active time event (FATE), fitur yang memungkinkan gamers untuk ikut serta dalam event tertentu dengan karakter lain untuk menjalankan misi tertentu. Akan muncul pesan di layar permainan apabila karakter merasakan ada FATE yang terdeteksi. Setelah itu akan muncul simbol tertentu di map yang menandakan lokasi apabila gamers ingin ikut serta dalam FATE itu.

Gamers bisa memutuskan untuk bergabung dengan FATE kapan pun, menjalankannya sendiri maupun berkelompok (party). Setelah karakter sampai pada lokasi FATE dan bergabung, akan muncul pemberitahuan mengenai judul FATE, misi dan batas waktu yang tersedia utnuk menyelesaikan FATE itu. Salah satu misi yang terdapat pada FATE adalah untuk mengalahkan semua musuh yang musuh pada lokasi yang dituju.

Dalam bertualang, gamers membutuhkan tantangan yang lebih besar dan sulit untuk membuktikan kekuatan yang dimiliki. Oleh karena itu, ada fitur instance dungeon yang bisa dijalankan bersama dengan karakter lain. Hal tersebut harus dilakukan karena fitur itu tidak akan mengurangi kekejaman yang diberikan. Bergabunglah dengan karakter lain untuk menghadapi instance dungeon. Terdapat 6 instance dungeon yang bisa gamers jelajahi yaitu Tam-tara Deepcroft, Sastasha Seagrot, Copperbell Mines, Haukke Manor, Halatali dan Brayflox’s Longstop.

Narasi yang dihadirkan pada game ini juga sangat klasik. Dengan suara yang besat, ucapan jelas serta dengan menggunakan bahasa Inggris yang mudah dimengerti. Selain berbahasa Inggris, game ini juga tersedia dalam beberapa bahasa berbeda yaitu Jepang, Prancis dan Jerman. Gamers juga bisa memilih penyuaraan karakter saat membuatnya. Mulai dari suara anak-anak untuk penampilan yang muda, hingga suara berat untuk karakter berpenampilan maskulin ataupun tua.

Ada banyak fitur yang ditampilkan pada game ini, mungkin A Real Reborn adalah MMORPG dengan fitur yang paling lengkap. Walaupun ada beberapa fitur yang sengaja tidak disertakan pada game ini, seperti hack and slash. Dikarenakan gaya bertarung setiap karakter masih mengikuti gaya MMORPG zaman dulu yaitu click and target. Apabila A Realm Reborn menghadirkan fitur pertarungan hack and slash, maka pertarungan akan menjadi lebih realistis.

Lawan atau monster yang ditampilkan pada game ini pun bervariasi dengan grafis 3D yang sangat detail. Beberapa monster memiliki ukutan raksasa yang jauh lebih besar dari karkater, yang mana mereka memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga harus dihadapi bersama dengan karkater lainnya. Efek visual yang ditampilkan dari penggunaan skill tidak berlebihan, sehingga terlihat lebih natural dan realistis.

Siang dan malam berganti dengan halus, sehingga gamers tidak merasakan perubahan itu secara mendadak. Dengan tidak meninggalkan ciri khas dari serial Final Fantasy lainnya, A Realm Reborn juga menghadirkan Chocobo sebagai tunggangan karakter.