Review Sword Art Online: Lost Song – Action Game Playstation 4

sword art online lost song

Halo kamu dan para pecintai anime, bagi yang menyukai anime pasti tahu anime Sword Art Online yang booming di tahun 2012 dan kemudian dilanjutkan Sword Art Online 2 pada tahun 2014. Itu semua hanya sepenggal cerita dari light novelnya. Bagi kamu penggemar seri SAO dan mempunyai PlayStation 4 tidak ada salahnya mencoba Sword Art Online: Lost Song yang ceritanya langsung diambil dari light novelnya.

tim kapalan juga penggemar SAO dan memutuskan juga untuk mengulas Lost Song dikarenakan versi sub Berbahasa Inggris hanya terbit untuk platform PS4. Andai tidak ada versi Inggrisnya mungkin tim kapalan tidak akan mengulas game ini dan memilih game lain. Oke, diawali dengan unboxing Sword Art Online : Lost Song Game Directors Edition.

Pada Sword Art Online: Lost Song Game Directors Edition ini kamu akan mendapat DLC Special Costume, DLC game digital Sword Art Online: Hollow Fragment dan sebuah gantungan kunci Kirito.

Sword Art Online: Lost Song merupakan action role-playing game untuk platform Playstation 3 dan 4 serta Vita yang mana cerita serta plotnya berdasarkan dari light novelnya. Lost Song merupakan game seri ke tiga dari seri Sword Art Online yang mana kesuksesan telah diraih oleh Hollow Fragment.

Cerita game ini di awali oleh karakter protagonist Kirito dan teman-temannya saat mereka bermain game yang bernama ALfheim Online (ALO) yang mengusung genre Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG). Di dalam cerita akan diperkenalkan guild bernama Shamrock, dan Kirito bersaing melawan Shamrock untuk dapat menjadi yang pertama untuk menaklukan Svart Alfheim.

Gameplay

Lost Song merupakan game pertama dalan seri Sword Art Online yang memungkinkan gamers untuk bermain sebagai karakter Kirito. Selain Kirito, gamers juga dapat memilih dari 19 karakter yang tersedia untuk dapat dimainkan. Gamers juga dapat membuat karakter sendiri untuk digunakan dalam plot cerita utama bersama Kirito serta bermain multiplayer.

Setiap karakter dapat menggunakan tiga jenis senjata. Misal, Kirito dapat menggunakan dual wield dan menggunakan pedang satu tangan atau pedang dua tangan. Setiap senjata memiliki skill yang dapat dilatih, untuk membuka kemampuan baru atau skill baru gamers cukup menaikan level skill atau level karakter.

Dalam pertempuran terdiri dari 3 karakter yang terdiri dari karakter yang digunakan gamers dan 2 karakter pemain yang dapat gamers pilih dari 19 karakter atau karakter buatan sendiri. Pertempuran dapat dilakukan baik di darat maupun di udara.

Gamers tidak dapat terbang di dalam dungeon, di samping itu juga ketinggian terbang pada awal cerita akan dibatasi sampai melawan bos terakhir di area Flosshilde, The Ring of Ice. Gamers dapat menggunakan sihir dalam permainan, jenis sihir tergantung pada ras karakter. Dalam sebuah grup, pengguna sihir bisanya akan jadi target utama dari bos karena damage yang dihasilkan lebih besar dibandingkan serangan fisik.

Lost Song juga menyediakan multiplayer yang memungkinkan pemain terlibat dalam duel PvP atau raid bos bersama gamers lain. Kemampuan fitur online ini dapat menampung 16 pemain sekaligus dalam 1 lobi yang kemudian dapat dibagi menjadi 4 orang dalam satu grup pada saat pencarian anggota.

Plot Cerita

Setelah peristiwa Hollow Fragment dan berhasil keluar dari dunia Sword Art Online, Kirito mengungkapkan minatnya untuk kembali bermain game di Alfheim Online, dan memutuskan untuk bergabung ke dalam Seven’s Work di dalam permainan. Setelah melakukan beberapa misi, Kirito memberitahu Seven dan Sumeragi yang datang ke dalam Svart Alfheim (salah satu dungeon di Lost Song) dan mengatakan bahwa Kirito sedang membangun skill terakhirnya untuk mengalahkan Sumeragi.

Sementara itu, Rain menyadari prestasi Kirito di SAO, dan memutuskan untuk mengikutinya. Meskipun Kirito selalu menyadari bahwa Rain mengikuti perjalanannya bersama teman-temannya, ia tetap cuek. Keduanya akhirnya bertemu ketika Rain diserang oleh monster di valley (lembah) dan setelah itu Kirito mengundang dia untuk bergabung dalam petualangannya.

Kesimpulan

Sword Art Online: Lost Song memiliki plot cerita yang bagus. Banyak plot yang belum tim kapalan lihat dikarenakan tim kapalan masih berada di asal mula Rain sehingga banyak sekali spekulasi yang bisa saja terjadi pada plotnya.

Untuk urusan grafis, bisa dibilang game ini cukup baik. Gradasi warna dibuat sangat detail dan lebih baik dari animasi yang diberikan di anime nya. Mengenai sistem permainan, mungkin hanya gamers tabah yang bisa menjadi kuat di sini karena Lost Song memberikan level maksimal yang tidak tanggung-tanggung yakni level karakter dan level skill mencapai 1000. Bisa kamu banyangkan menaikan level dari 1 sampai 1000 di dalam sebuah game? tim kapalan baru memainkan game ini selama seminggu setiap kali pulang kerja, tim kapalan sempatkan untuk main sebelum tidur dan tim kapalan baru mencapai level 439.

Masih membahas tentang sitem, di sini kamu bisa menempa senjata kalian hingga maksimal +10, cukup standart dibandingkan dengan level karakter, serta game ini tidak hanya soal attack besar. Walau kamu mempunyai attack besar tetapi mempunyai attack element kecil serangan kalian tetap akan kecil. Di game ini, attack dan defense element adalah segalanya karena semakain kuat element kamu maka semakin kuat juga karakternya.

Lost Song memiliki beberapa kelemahan yakni tidak bisa full screen di PS4, bisa kalian lihat dari gambar yang tim kapalan ambil langsung dari PS4 terdapat border hitam disekelilingnya. Equipment bagus sangat susah didapatkan bahkan bila kamu raid online sekalipun sangatlah susah jadi cukup membuat frustasi pada saat bermain game ini diawal permainan. Bahkan senjata tim kapalan masih senjata rank 3, rank terkuat senjata adalah rank 10. tim kapalan terus-terusan menggunakan itu karena di dalam senjatanya terdapat element ice attack sebanyak 48 point. Serta sistem level yang terlihat mustahil bagaimana caranya untuk hunting mencapai level 1000? Walau pada saat tim kapalan bermain online terdapat player dengan level 973 dan tim kapalan masih binggung bagaimana cara dia hunting sampai level setinggi itu.